KENDARI – Salah seorang kader terbaik Wahdah Islamiyah Sultra, La Jumadin, berhasil meraih gelar doktor pada Program Studi Ilmu-Ilmu Faal dan Khasiat Obat, Departemen Anatomi Fisiologi dan Farmakologi, Fakultas Kedokteran Hewan, Institut Pertanian Bogor.

Hal tersebut diraihnya saat berhasil mempertahankan hasil penelitiannya di hadapan dewan penguji saat sidang promosi doktor yang berlangsung di ruang sidang Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis, Institut Pertanian Bogor, Senin (01/08/2022).

Akh Madin, sapaan akrabnya, menemukan ada 5 manfaat yang terkandung dalam pasta daun singkong yang dia tuangkan dalam disertasi yang berjudul “Kinerja Fisiologis dan Produktivitas Puyuh (Coturnix coturnix Japonica) dengan Suplemen Pasta Daun Singkong”, di bawah bimbingan Dr. drh. Aryani Sismin Satyaningtijas, M.Sc, AIF, Prof. Dr. Ir. Niken Ulupi, M.S dan Dr. drh. Hera Maheshwari, M.Sc, AIF.

5 hal yang ditemukannya itu adalah:

  1. Kandungan gizi dan kandungan zat bioaktif pasta daun singkong;
  2. Kandungan asam sianida yang rendah pada pasta daun singkong;
  3. Pasta daun singkong meningkatkan kinerja fisiologis, ketahanan tubuh, dan produktivitas puyuh;
  4. Dosis efektif pasta daun singkong pada aspek fisiologis, produktivitas, dan kualitas telur;
  5. Pasta daun singkong menghasilkan telur puyuh rendah kolesterol.

“Alhamdulillah kebaruan ini telah berhasil dipertahankan dalam sidang promosi terbuka dan telah diakui pada jurnal nasional yang terakreditasi sinta dan jurnal internasional yang terindeks scopus,” ungkap Akh Madin saat dihubungi via aplikasi whatsapp.

Atas capaian yang diraih oleh salah seorang kader terbaiknya, Ketua DPW Wahdah Islamiyah Sultra, Ust. Muh. Ikhwan Kapai, merasa sangat bersyukur dan mendoakan yang terbaik bagi akh Madin.

“Tentu kita doakan semoga Allah memberikan keberkahan kepada ilmunya dan dapat bermanfaat bagi ummat dan bangsa,” harapnya.

Di jajaran DPW Wahdah Islamiyah Sultra, La Jumadin tercatat sebagai Sekretaris pada Departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) yang mendampingi Ust. Dr. Mariyanto Nurshamsul selaku Ketua Departemen.

Selama menempuh studi di IPB, La Jumadin juga dikenal aktif menjalankan aktifitas nya sebagai Dai di DPD Wahdah Islamiyah Bogor. [MAIM]

Simak Video nya di sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here