BAU BAU – Departemen Media Informasi dan Komunikasi (Medikom) DPW Wahdah Islamiyah Sultra bekerja sama dengan Dep. Medikom DPD Wahdah Islamiyah Baubau sukses menyelenggarakan kegiatan Diklat Mujahid Dakwah Digital Kelas Jurnalistik, Ahad (2/10/2022), yang bertempat di Aula DPD PPNI Baubau.

Kegiatan yang mengangkat tema “Menumbuhkan Semangat Jurnalistik, Memaksimalkan Dakwah Profetik” tersebut menghadirkan Wartawan Senior Kota Baubau, LM. Irfan Mihzan, yang juga Pendiri Media kasamea.com.

Ket: Para peserta Diklat Mujahid Dakwah Digital Kelas Jurnalistik

Selain Ifran, turut hadir Muhammad Adhan selaku Ketua Dep. Medikom DPW Wahdah Islamiyah Sultra yang juga merupakan Pemimpin Redaksi wahdahsultra.or.id, sebagai narasumber kedua.

LM Irfan Mihzan selaku narasumber pertama memberi berbagai tips dan trik menjadi wartawan yang profesional, mulai dari teknik wawancara hingga cara menulis berita. Ia juga memotivasi agar para peserta bersemangat untuk senantiasa berbagi manfaat.

Ket: LM Irfan berfoto bersama para peserta Diklat Mujahid Dakwah Digital Kelas Jurnalistik Zona III setelah mengisi materi.
Foto: Medikom DPD WI Baubau

“Berbagi hal yang bermanfaat itu tentu nilainya ibadah dan saya tentunya sangat berterima kasih ada kegiatan-kegiatan seperti ini. Karena wartawan itu profesi, maka berita-berita yang disajikan tentunya harus bernilai edukatif, bermanfaat bagi masyarakat serta memuat hal-hal kebenaran,” kata Irfan yang telah menjadi wartawan sejak tahun 2005 di Bau Bau Pos.

Sementara itu, Muhammad Adhan saat menyampaikan materinya berupaya untuk menumbuhkan ruh jurnalistik para peserta dengan mengangkat berbagai macam dalil quran dan haditz tentang keutamaan berdakwah melalui tulisan yang juga telah dicontohkan oleh para ulama.

Ket: Muhammad Adhan berfoto bersama para peserta Diklat Mujahid Dakwah Digital Kelas Jurnalistik Zona III sesaat setelah penutupan kegiatan.
Foto: Medikom DPD WI Baubau

“Menjadi seorang muslim otomatis harus menjadi dai, karena kewajiban amar makruf nahi munkar menjadi tanggung jawab kita semua. Kebaikan itu harus senantiasa disebarluaskan, termasuk melalui tulisan,” jelasnya.

“Ajaran Islam dapat kita ketahui saat ini karena para ulama kita telah menjalankan fungsi jurnalistik. Mereka mencari, menggali, menyusun dan menyebarluaskan ajaran islam melalui kitab-kitab yang mereka tulis dengan jumlah yang begitu banyak,” imbuhnya.

Di sela-sela kegiatan, hadir pula ketua DPW Wahdah Islamiyah Sulawesi Tenggara, Ustadz Muh. Ikhwan Kapai, melalui aplikasi Zoom untuk memberikan semangat, arahan dan penjelasan mengenai pentingnya kegiatan ini untuk diikuti oleh para kader Wahdah Islamiyah.

Ustadz Ikhwan mengingatkan bahwa media memiliki peran yang sangat penting karena berperan mengubah opini masyarakat dengan begitu cepat, sehingga para dai harus berusaha menjadikan media untuk mengarahkan opini masyarakat kepada hal yang positif.

Kegiatan yang diselenggarakan mulai Pukul 09.00 hingga 15.00 WITA tersebut diikuti oleh puluhan peserta yang merupakan utusan dari DPD Wahdah Islamiyah se Sultra yang berada di Zona III, yakni Kota Baubau, Kab. Buton, Kab. Buton Selatan, Kab. Buton Tengah, dan Kab. Wakatobi.

Nampak para peserta mengikuti kegiatan dengan semangat dan antusias yang tinggi. Ketua Panitia, Endri Ahmad, bersama panitia lainnya yang telah mempersiapkan acara ini dengan pelayanan maksimal, sejak awal menyampaikan harapannya agar peserta mengikuti secara serius karena akan ada tindak lanjut nantinya.

“Dari kegiatan ini harapannya akan dibuat forum jurnalistik daerah Sulawesi Tenggara. Di forum tersebutlah nantinya para alumni diklat ini akan dibimbing lebih intens dan diberikan masukan terhadap tulisan-tulisan para jurnalis sebelum kemudian disebarluaskan,” pungkasnya.

Laporan : Marie (Kontributor Buton Tengah)
Editor : MAIM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here