KENDARI – Wahdah Islamiyah Sulawesi Tenggara terus berupaya menunjukkan perannya sebagai ormas islam yang memberi khidmat di tengah-tengah masyarakat. Melalui Departemen Sosial yang digawangi oleh Ustaz Mardin, Wahdah Islamiyah Sultra membuka layanan sosial gratis bagi masyarakat yang kurang mampu.

Layanan Sosial tersebut berupa Penyelenggaraan Jenazah, Pengantaran Pasien Gawat Darurat dan Pelayanan Musibah seperti Sakit.

Ustaz Mardin mengungkapkan bahwa layanan tersebut berangkat dari fenomena dimana begitu susahnya masyarakat mencari pelayanan sosial yang mana kegiatan tersebut penyelenggaraannya digratiskan, tidak dipungut biaya.

Ket: Ragam Layanan Sosial Gratis yang diberikan Wahdah Peduli Sultra kepada masyarakat dhuafa
Sumber: Medikom WI Sultra

“Hari ini masyarakat kita susah mendapatkan pelayanan sosial yang sifatnya gratis, padahal banyak masyarakat yang kurang mampu, apatah lagi konidisi yang memberatkan dengan perubahan ekonomi, semakin menambah berat beban bagi masyarakat kita yang kurang mampu,” jelasnya.

Ia bercerita bahwa ada seseorang yang pernah mendatangi Ketua DPW Wahdah Islamiyah Sultra, Ustaz Ikhwan Kapai, dan menyampaikan tidak bisa mengurus jenazah keluarganya karena kondisi keuangannya yang tidak memungkinkan untuk membiayai.

“Depsos hadir sebagai solusi, memberi kemudahan tidak mempersulit, memberi sedikit kelegahan di hati mereka, menggores sedikit senyum di wajah mereka agar mendapat pelayanan jenazah yang secara islami dan tidak memberatkan atau gratis,” ujarnya.

Depsos berharap, lanjut Ustaz Mardin, dapat menjadi jembatan kemudahan di tengah masyarakat apabila membutuhkan pelayanan sosial berupa penyelenggaraan jenzah, pengantara pasien gawat darurat.

“Program ini juga menjadi syiar bahwa muslim itu satu tubuh yang harus saling memberi perhatian, tolong menolong dan saling memudahkan. Sehingga orang tau bahwa inilah karakter kaum muslimin yang selalu hadir untuk kemudahan dan menghapus kesulitan masyarakat, sehingga dengan program ini depsos bisa mengambil peran nyata di tengah masyarakat untuk menghadirkan kembali image yang baik bahwa islam ini selalu memberi perhatian kepada sesama,” pungkasnya.

Untuk tahap awal, layanan ini diterapkan di 2 (dua) daerah yakni Kota Kendari dan Kabupaten Kolaka. Bagi masyarakat yang membutuhkan layanan, dapat menghubungi no 085241876249 (Kendari) atau 0821 9037 2469 (Kolaka). [MAIM]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here